Cara Mengatasi Warna TV Dominan Biru Polos Dengan Mudah

Warna TV Dominan Biru

Cara Mengatasi Warna TV Dominan Biru Polos Dengan Mudah, Suatu ketika, munkin kita pernah menemukan layar TV kita tiba-tiba berwarna biru, gambar tidak muncul, dan suara juga demikian. Nah, sebenarnya apa penyebab utama TV kita jadi demikian? Berikut sedikit ulasan cara memperbaiki TV bergambar warna biru polos. TV yang memunculkan warna biru polos tanpa suara secara umum disebabkan oleh tidak adanya sinyal yang masuk ke pesawat elektronik tersebut. Hal ini biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu:

Kerusakan pada Stasiun TV Hal ini mungkin saja dikarenakan pemancar atau BTS pemancar mengalami masalah. Umumnya gangguan ini tidak terlalu lama, dan gambar akan segera pulih jika gangguan dapat segera diatasi oleh para teknisi. Yang terpenting bahwa sobat tidak perlu mengutak-atik TV sobat, ganti aja ke channel lain dulu sambil menunggu teknisi melaksanakan tugasnya.

Kerusakan Pada TV Sobat Jika dikategorikan, ada dua penyebab utama munculnya gambar biru pada layar TV sobat, yaitu lepasnya colokan antena dan rusaknya rangkaian penangkap sinyal di TV sobat. Untuk mengatasinya, coba sobat liat kabel yang menghubungkan TV sobat dengan booster atau antena. Jika colokan antena lepas, berarti sobat tinggal menyambungnya kembali dan gambar pun akan kembali muncul. Akan tetapi jika ternyata kabel dan colokan antena masih bagus, kemungkinan besar rangkaian perangkap sinyal TV sobat bermasalah. Jika benar, dapat saja sobat cek tunernya, atau percayakan saja pada bengkel TV terdekat. Untuk penggantian rangkaian penangkap sinyal, sobat tidak harus mengeluarkan banyak Rupiah, kecuali TV sobat merupakan seri terbaru, maka biaya akan menggelembung dan parahnya, kadang sparepart belum tersedia. Untuk itu, tanyakan kepada bengkel TV tersebut apakah dapat diperbaiki kerusakannya tanpa mengganti rangkaian tersebut.

Nah, itulah sekilas tentang penyebab layar TV muncul warna biru. Intinya ada dua kemungkinan jika sobat menemukan fenomena kayak gitu, yaitu kerusakan ada pada stasiun TV atau TV sobat perlu diperbaiki. Ok Sob, semoga bermanfaat. Salam

Editor : HAJI